Pedoman Penulisan

Pedoman Penulisan: History IndonesiaPedoman Penulisan Artikel:

  1. Penulisan judul artikel menarik dan tidak terlalu deskriptif.
  2. Gambar utama berukuran minimal 1000 pixel. Disarankan resolusi gambar 1200 x 630 pixel dengan format *.jpg.
  3. Panjang tulisan minimum 300 kata.
  4. Berisi wacana kesejarahan yang kritis, kontekstual, nasionalistis dan multikultural.
  5. Penulisan yang berasal dari tautan pihak ketiga wajib di parafrase dengan mencantumkan URL laman asal di bagian paling terakhir badan artikel. Pencantuman URL laman dapat dilakukan cukup dengan menuliskan nama laman sumber dan embed link dengan cara memblok nama laman, kemudian klik tombol ‘insert/edit link’ pada bagian editorial atas badan artikel, copy paste URL sumber pada kolom URL kemudian klik OK. Contoh: Mengutip dari http://masyarakatsejarawan.or.id, cukup ditulis masyarakatsejarawan.or.id dengan embed link.
  6. Jika terdapat lebih dari satu sumber, gunakan tanda | untuk membedakan masing-masing sumber. Contoh: KITLV | History Channel | History Indonesia.
  7. Pemuatan gambar di badan artikel maupun gambar utama dari tautan pihak ketiga wajib dicantumkan nama fotografer (jika tercantum pada laman sumber) dan nama laman sumber. Pengutipan sumber dituliskan di bagian image description (untuk gambar di badan artikel) dan di bagian keterangan foto tepat di bawah gambar utama (untuk gambar utama) setelah keterangan gambar. Kemudian untuk nama laman sumber di embed link dengan cara yang sama seperti pengutipan sumber. Contoh: Candi Borobudur | Foto: Andi Achdian/masyarakatsejarawan.or.id.
  8. Gunakan sumber yang kredibel, hindari pengutipan dari situs pribadi seperti blogspot.com, wordpress.com, dan penyedia blog pribadi lainnya untuk menghindari klaim hak cipta.
  9. Jika tidak menemukan gambar terkait maka dapat menggunakan gambar ilustrasi dari creative common atau grafis buatan sendiri.
  10. Daftar situs dengan izin pengunggahan dan penggunaan ulang gambar: unsplash.com, pexels.com, pixabay.com, gratisography.com, dan compfight.com (khusus gambar dengan tag creative commons dan only originals).
  11. Tulisan dapat dikirim ke alamat email [email protected]. Selanjutnya redaksi History Indonesia akan menyeleksi dan mengonfirmasi artikel yang diterbitkan.